men_fr_comp_sm.jpg Komputer, selain dapat membantu pekerjaan, juga dapat digunakan untuk bermain. Bekerja dengan komputer dalam waktu lama tanpa memperhatikan aspek kesehatan tentu saja membawa berbagai resiko, diantaranya adalah computer vision syndrome (CVS).

Menggunakan komputer tidak pada tempatnya, seperti jarak terlalu dekat memicu CVS. Jarak ideal mata dengan monitor komputer sekitar 70 cm dengan posisi 10 – 20 cm lebih rendah dari mata.

Berikut hal yang sebaiknya diperhatikan saat bekerja menggunakan komputer.

Dengarkan Tubuh Anda

Jangan paksakan tubuh untuk selalu mengikuti keinginan bekerja atau bermain. Misalnya seseorang yang mengalami insomnia setelah berinteraksi sekian lama dengan komputer, itu artinya ada masalah dengan gaya bekerja orang tersebut. Jangan terus memaksakan diri untuk berinteraksi dengan komputer. Cobalah beristirahat dan tidur dengan suasana yang lebih tenang.

LakukanPeregangan

Dalam waktu tertentu, lakukan peregangan dan gerakkan anggota badan. Hal itu dapat membantu sirkulasi darah, sehingga anda dapat berfikir jernih. Peregangan juga dapat meningkatkan kesehatan anda secara keseluruhan. Peregangan dapar dilakukan saat istirahat atau antara pekerjaan satu dengan pekerjaan yang lain.

Istirahat

Satu cara untuk menghindari kelelahan akibat terlalu lama di depan komputer adalah beristirahat beberapa waktu saat bekerja, misalnya 10 menit tiap 2 jam, di luar istirahat makan siang. Hal itu perlu dilakukan untuk relaksasi.

Hindari Kafein atau Minuman Bersoda

Sering kali untuk tetap terjaga di depan komputer, banyak orang yang mengkonsumsi kafein. Padahal hal itu tidak sehat. Kelebihan kafein dapat mengakibatkan ketegangan, perasaan was-was, gemetar, sulit tidur dan sakit kepala. Minuman bersoda juga sebaiknya dikurangi, karena dapat mengganggu saluran cerna. Di saat anda bekerja dan membutuhkan konsentrasi sehingga memicu stressm minuman bersoda sangat berbahaya untuk lambung.

(dicopy dari Majalah Dokter Kita edisi Januari 2008, halaman 37)